Tips Merencanakan Anggaran Untuk INTERIOR DESIGN

Tips Merencanakan Anggaran Untuk INTERIOR DESIGN

Tips Merencanakan Anggaran Untuk INTERIOR DESIGN

Kebanyakan orang, lebih suka menyembunyikan budget mereka karena beberapa alasan. Ada logika permainan poker yang dipakai ketika mereka berpikir, “Kalau EO menyusun biaya lebih kecil dari budget saya, (maka) saya bisa mendapat harga yang lebih murah” atau “Kalau EO tahu budget saya, ia mungkin akan menghabiskan setiap sen dari budget saya,”.

Untuk Anda yang sudah menikah, Anda barangkali punya pengalaman bagaimana menyelenggarakan pesta nikah. Menggunakan jasa wedding event organizer (EO), atau jasa catering profesional biasanya menjadi pilihan di jaman ini.

Ada beberapa hal yang biasanya ingin diketahui oleh EO, dimana akan diselenggarakan, apakah gaya pesta yang diinginkan dan berapa budget yang Anda miliki.

Hal yang sama terjadi dalam hal menggunakan jasa designer rumah atau apartemen. Dengan menggunakan jasa profesional banyak keuntungan yang Anda dapat. Seorang desainer profesional menyumbangkan keahliannya mendesain, kemampuan menemukan supplier furniture, pabrik dan assesoris yang bermutu dengan harga bersaing. Mengorganisir berbagai pekerjaan tukang yang berbeda. Ingatlah bahwa tukang umumnya hanya mempunyai satu keahlian spesifik. Mengorganisir tukang cat, pemasang lantai, tukang kayu, furniture sering merupakan pekerjaan yang rumit. Mendapatkan tukang yang dapat diandalkan adalah perkara tersendiri. Seorang mandor yang mengorganisir tukang pun, biasanya tidak mempunyai kemampuan mendesain. Yang terjadi umumnya hanya mengulang atau meniru.

Bedakanlah budget dengan tabungan. Budget adalah jumlah uang yang ingin Anda keluarkan untuk mendapatkan hasil yang Anda impikan. Mengalokasikan budget adalah tanggungjawab Anda sebagai klient sebelum Anda menghubungi desainer. Bahkan untuk orang yang sangat longgar dalam dana pun mempunyai budget.

Dengan budget yang sudah Anda tentukan untuk meningkatkan kualitas rumah tinggal, Anda dapat mengecekfeasibility dari budget itu dalam beberapa kelompok pengeluaran. Misalnya, untuk menata interior living room Anda harus mengalokasikan budget untuk 7 hal yaitu: lantai (karpet, parquet, marmer), dinding (cat, wall paper), curtains/korden, furniture, lampu atau pencahayaan, assesoris (lukisan, barang seni) dan design fee.

Untuk saya, proses desain akan jauh lebih mudah bila klien dapat memberitahukan budget range dalam proses desain. Dalam hal ini, integritas profesional dan kepercayaan klien menjadi taruhannya. Informasi ini akan menghemat waktu ke dua belah pihak, dan menentukan spesifikasi yang sesuai dengan budget.

Tetapi kalau Anda suka dengan permainan poker, Anda dapat menyisihkan sejumlah uang untuk jaga-jaga atur reserve di luar budget Anda tanpa seorang pun harus mengetahuinya. Terus terang, ini adalah ide yang sangat baik. Bila budget yang Anda sediakan ternyata tidak cukup karena situasi tak terduga di lapangan, misalnya masalah struktur bangunan. Anda dapat menggunakan dana cadangan itu. Hal ini sering terjadi.

Tetapi bila ternyata project berjalan mulus tanpa mengeluarkan dana cadangan, tidak ada salahnya di akhir projectAnda mengajak desainer Anda merayakannya, pesta kecil di kebun belakang atau di restoran.

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kode Verifikasi
scroll up